Wartawan di Papua Dibekali Ilmu untuk Meliput PON

<pre><pre>Wartawan di Papua Dibekali Ilmu untuk Meliput PON

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Provinsi Papua XX menggelar pelatihan jurnalis liputan PON XX yang akan digelar di Papua, Oktober 2021.

Kegiatan yang dimulai Rabu (20-22 / 01/2021) di Kota Jayapura, Papua ini diikuti oleh 100 orang peserta, terdiri dari 75 orang di sekitar Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, 15 orang dari Timika, dan 10 orang dari Merauke.

Sekretaris Jenderal PB PON XX Papua, Elia Loupatty dalam sambutannya berpesan kepada wartawan agar lebih berhati-hati dengan aspek teknis pemberitaannya, sehingga menghasilkan produk berita dan foto yang berkualitas untuk dipublikasikan.

“Semoga dalam pelatihan ini semua jurnalis memiliki keahlian menulis berita yang berkualitas dan harus membuktikan bahwa jurnalis Papua tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Torang bisa, jurnalis Papua bisa,” kata Elia dalam pemaparannya.

Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Pembangunan Otonomi Khusus Triwarno Purnomo yang hadir mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe mengapresiasi kegiatan ini.

Purnomo berharap hasil pelatihan ini akan menghasilkan jurnalis Papua yang profesional dalam menulis berita terkait PON.

Ratusan Jurnalis Lokal di Papua mengikuti Pelatihan Liputan Jurnalis PON XX Papua 2021 di Kota Jayapura. (Charles Maniani – SP)

“PON XX Papua sukses berkat dukungan media yang mempublikasikan pencapaiannya untuk diberitakan ke seluruh dunia. Karenanya, wartawan dituntut untuk menghasilkan berita yang berkualitas, ”ujarnya.

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalis peliput PON Papua, Jean Bisay mengatakan, kegiatan yang digelar telah menghadirkan jurnalis olahraga yang berkompeten di Papua, sehingga mampu bersaing dengan media lain yang mampu menguasai Prosedur Operasi Standar (SOP) PON. Agar mampu menjadikan olah raga dan venue dalam empat klaster serta memiliki teknik yang mumpuni.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya membagi beberapa kelas, di antaranya sesi bercerita pengalaman dalam meliput kegiatan besar PON lainnya.

Baca:  Schalke di Ambang Kebangkrutan Ekonomi dan Moral

Reporter: Charles Maniani
Editor: Elisa Sekenyap