Siapa? JFT Siapkan Pengganti Sylvano?

Inilah Wujud Kepedulian Persipura Terhadap Covid-19

WAKEITEI, SUARAPAPUA.com – Sylvano Dominique Comvalius, striker asing yang direkrut Persipura Jayapura pada pertengahan Januari lalu dikabarkan sudah hengkang. Boaz Solossa kehilangan rekannya di lini depan untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 pada 2020.

Penarikan pemain asing ini diikuti oleh Arthur Cunha da Rocha. Akankah manajemen tim Mutiara Hitam segera mendatangkan amunisi baru? Tidak terlihat. Hal ini karena pelatih Jacksen Tiago memastikan bahwa dia siap untuk memaksimalkan pemain saat ini.

Pasukan Persipura untuk musim 2020 sudah cukup. Ada banyak nama karakter yang menyerang. Selain Boaz, ada Marinus Wanewar, Gunansar Mandowen, Pahabol Ferry, Theo Numberi, dan Thiago Amaral.

Pemain mungil Todd Rivaldo Ferre juga bisa diandalkan untuk membantu sang penyerang, apalagi ia punya naluri mencetak gol yang luar biasa. Atau, bahkan Ian Louis Kabes, yang notabene merupakan gelandang serang, terkadang diposisikan sebagai striker.

Dari jajaran pemain ini, Jacksen nampaknya lebih memilih Marinus Wanewar. Striker jangkung asal Sarmi ini dipersiapkan secara khusus di bawah pengawasan tim kepelatihan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Sylvano.

“Tidak masalah. Saya punya banyak pilihan. Tentu sesuai dengan kebutuhan tim. Semua pemain kami berkualitas bagus. Saya pasti akan mempersiapkan Marinus,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Marinus, menurut pelatih bertangan dingin asal Brasil itu, memiliki keunggulan di pertahanan tim lawan. Dengan fokus melatih dan memulihkan stamina serta rasa percaya diri, keraguan publik bisa terjawab dengan maksimal di lapangan hijau.

“Marinus memiliki kelebihan tersendiri. Yang penting dia saat ini berlatih, untuk memulihkan stamina dan kepercayaan dirinya. Saya yakin, Marinus bisa berkontribusi untuk tim Persipura, ”kata Jacksen.

Ridwan Bento Madubun, asisten manajer Persipura Jayapura, menegaskan hengkangnya dua pemain asing tersebut tidak berpengaruh pada kesiapan tim Mutiara Hitam jelang kelanjutan kompetisi musim 2020.

Baca:  Komee Support Sepak Bola di Deiyai

Menurut dia, saat ini pemain Persipura sedang fokus berlatih di lapangan Kusuma Agrowisata, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Sudah hampir sebulan tim fokus ke pemusatan latihan, kata Bento.

Menurut informasi, Sylvano Comvalius mengundurkan diri dari Persipura karena dua alasan utama. Pertama, eks top skor di kompetisi Liga 1 2018 bersama Bali United itu memilih lebih dekat dengan keluarganya. Alasan kedua adalah pandemi Covid-19 yang masih merajalela di Indonesia.

Arthur Cunha mengalami nasib yang sama. Pemain pinjaman Arema Malang ini pun batal bergabung kembali dengan tim kebanggaan rakyat Papua.

Reporter: Markus You